COFFEE BENEFIT


Ini adalah posting tulisan pertama saya, yaitu soal kopi. Saya tidak bisa hidup tanpa minuman yang satu ini, tapi tidak dapat dikatakan saya sudah "addicted" alias kecanduan. Karena jika tidak meminumnya saya juga tidak merasakan efek dari kopi yang selama ini orang bilang jika kebiasaan minum kopi dan kecanduan jika tidak meminumnya badan akan terasa lemas, kepala pusing dll. Atau mungkin saya belum masuk ke tahap itu, saya juga tidak tahu. Tapi yang jelas saya meminumnya dua kali sehari, yaitu pagi dan sore.
Saya mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman kopi ini semenjak kuliah di Jakarta, entah itu korban pergaulan atau apa. Karena semua teman-teman kuliah saya mempunyai kebiasaan "nongkrong" di Starbuck atau Coffee Bean yang lokasinya tinggal menyeberang saja kalau dari kampus.
Ok cukup dengan pembukanya, tidak perlu berbasa-basi lagi. Selama ini orang menganggap kopi seperti minuman berbahaya saja jika meminumnya. Katanya kopi dapat menimbulakn penyakit hipertensi alias darah tinggi, jantung, maag, dan kemampuan intelegensia menurun. Tetapi itu semua agak terlalu hiperbolis alias dilebih-lebihkan terutama di bagian "kemampuan intelegensia menurun".
Hal tersebut karena di dalam kopi terdapat zat yang bernama kafein yang konon katanya bisa menyebabkan jantung berdetak lebih kencang, tangan gemetar dan parno alias perasaan cemas yang berlebihan. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan orang untuk meminum kopi termasuk saya. Hal itu terbukti dengan banyaknya kedai kopi yang bermunculan di mal-mal. Dan menurut penelitian, dalam 1 hari manusia di bumi menghabiskan 1,5 milyar gelas kopi.
Tapi anehnya lagi berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli bahwa kopi dapat mencegah penyakit alzeimer dan parkinson, sirosis hati, sakit empedu dan meredakan sakit kepala.Mengapa demikian? Karena kopi mengandung tanin dan antioksidan yang baik untuk jantung dan pembuluh darah.
Hmm....fenomena yang aneh dan menarik untuk diulas, seperti ada pro dan kontranya. Jadi saya menyimpulkan sendiri dari fakta-fakta di atas bahwa semua yang ada di bumi ini baik dan ada manfaatnya untuk dikonsumsi. Tapi tergantung dari kita manusianya, jadi segala sesuatu baik kalau dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Seperti kopi, baik kalau kita mengonsumsinya dengan benar dan tidak ngawur.



2 komentar:

31 Maret 2009 pukul 07.40 novy E mengatakan...

saya juga sangat suka kopi. dan setahu saya, kopi memang ga baik buat maag. tapi kalau dikonsumsi dengan wajar, kopi ternyata juga baik buat jantung loh. jadi benar pendapat anda, intinya semua tergantung bagaimana si manusia itu mengkonsumsinya.

31 Maret 2009 pukul 09.09 Mursal mengatakan...

hahahhaa....thx udh merespon tulisan g sis
g tulis ini artikel soalnya pertama g suka bgt ngopi n rada miris denger org2 ngmg soal kopi dan dampaknya........
tp ternyata setelah survei dr berbagai sumber ada manfaatnya jg klo d konsumsi dgn bnr